8 Tips Jitu Memilih MicroSD Berkualitas

Agustus 15, 2017
Jika anda hendak membeli microSD yang mengagumkan untuk Android maka anda disarankan untuk memilih microSD yang mengagumkan dan berkualitas tinggi. Dengan memilih microSD yang sempurna dan berkualitas , maka anda tidak akan menyesal dan terhindar dari banyak sekali dilema microSD menyerupai microSD rusak , corrupted , dll sehingga anda tidak menyesal di kemudian hari. Memilih besar kapasitas microSD perlu banyak sekali pertimbangan. Berikut 8 tips cara memilih microSD yang baik dan benar :

1)  PERHATIKAN MERKNYA

Cukup banyak merk microSD yang beredar di pasaran. Ada merk yang abal-abal ada juga merk yang berkualitas tinggi. Cek terlebih dahulu ulasan darI tipe dan masing-masing merek Hati-hati juga banyak beredar microSD tidak original. Ingat pepatah , ada harga ada rupa.




2)  PERHATIKAN KAPASITASNYA

Jika kita melihat kapasitas penyimpanan datanya , ada tiga jenis kartu microSD , yaitu :
  • microSD : berukuran 1 - 4 GB
  • microSD-HC (High Capacity) : berukuran 8-16 GB
  • microSD-XC (Extended Capacity) : berukuran 32-128 GB
Nah kapasitas itu bahu-membahu tidak 100% real , kalau anda membeli microSD misal 8 GB tentu yang terbaca sekitar 92%nya , yakni 7.4 GB. Berikut yaitu data kapasitas asli microSD

No
Kapasitas Tercantum
Kapasitas Asli
1
2 GB
1.8 GB
2
4 GB
3.6 GB
3
8 GB
7.4 GB
4
16 GB
14.8 GB
5
32 GB
29.7 GB
6
62 GB
59.3 GB
7
128 GB
119 GB


3)  PERHATIKAN KEBUTUHANMU

Pertimbangan pertama yaitu apakah anda merupakan seseorang yang tidak suka mendownload banyak sekali macam hal , hanya suka browsing , chatting , smsan , dll , kalau iya maka microSD berukuran 4/8 GB sudah cukup.

Jika anda suka menyimpan banyak lagu , mendownload banyak sekali game/aplikasi , sering memotret/memfoto dan lain-lain , maka idealnya menggunakan microSD berukuran 16 GB.

Dan kalau anda sering merekam video dengan resolusi tinggi alias Full HD dan suka menyimpan banyak movies/film maka disarankan menggunakan microSD berkapasitas 32 atau 64 GB.

Mau beli microSD 128 GB? 
Saat ini harga microSD 128 GB , dibanderol dengan harga sekitar 900ribu-1.5 juta. Kalau misalnya anda memiliki microSD 128 GB lalu tiba-tiba hilang atau rusak/corrupted? tentu anda sangat duka data-data sebanyak itu di dalam kapasitas 128 GB kini telah tiada


4)  PERHATIKAN DAYA TAMPUNG MAKSIMAL

Percuma saja kan kalau anda telah membeli microSD 64 GB yang harganya cukup menguras kantong , lalu dikala dimasukkan ke smartphone android anda , microSD tersebut tidak terdeteksi karena smartphone anda tidak support kapasitas terlalu besar. Kaprikornus gini , kalian harus mengetahui berapa kapasitas maksimal microsd yang bisa ditampung smartphone android anda.

Caranya yakni membuka situs ponsel menyerupai GSMarena.com lalu mencari type smartphone anda dan perhatikan spesifikasinya , support microSD hingga berapa GB?. 
Rata-rata smartphone canggih dan mahal sudah support microSD up to 128 GB menyerupai Galaxy Note 4 , Galaxy S5/S6 , Xperia Z2 , Xperia Z3 , LG G3 , HTC One M8/M9 , Lenovo Vibe Z2 Pro ,dll

5)  PERHATIKAN CLASS MICROSD

Pernah melihat suatu angka di microSD? Ya , angka itulah yang membuktikan class microSD tersebut. MicroSD tersedia class 4 , class 6 , dan class 10. 



Ini beliau beberapa keuntungan seandainya kalian menggunakan microSD Class 10 dengan speed yang tinggi :

  • Rekam/Play video HD / Full HD lancar jaya tanpa lag
  • Jepret foto dengan resolusi tinggi lebih cepat
  • Memainkan game HD lebih smooth
  • Loading galeri/aplikasi/game/dll di smartphone lebih cepat
  • Cut Copy Paste file/folder berukuran puluhan-ratusan MB lebih cepat
6)  PERHATIKAN SPEEDNYA

Untuk mengecek keaslian speed microSD kalian bisa menggunakan aplikasi A1 SD Bench , SD Card Speed Test atau SD Tools. Silahkan unduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Berikut yaitu tabel merk microSD beserta speednya

Merk MicroSD
Speed
V-Gen Class 10
20 MB/s
Team Class 10
20 MB/s
Transcend Class 10
20 MB/s
Transcend Premium Class 10
30 MB/s
Sandisk Ultra UHS-1 Class 10
30 MB/s
Toshiba UHS-1 Class 10
30 MB/s
Team UHS-1 Class 10
40 MB/s
Transcend Premium UHS-1 Class 10
45 MB/s
Sandisk Ultra UHS-1 Class 10
48 MB/s
Samsung Evo Class 10
48 MB/s
Samsung Plus UHS-1 Class 10
48 MB/s
Sandisk Extreme Class 10
60 MB/s
Sandisk Extreme Plus Class 10
80 MB/s
Team Xtreem UHS-1
90 MB/s
Transcend Ultimate Premium UHS-1 Class 10
90 MB/s
Toshiba Exceria UHS-1 Class 10
95 MB/s
Sandisk Extreme Pro Class 10
95 MB/s
Lexar Usa UHS-1 Class 10
95 MB/s


7)  PERHATIKAN GARANSINYA

Biasanya sih merk microSD memperlihatkan garansi 1 hingga 3 tahun. Tapi ada juga sih yang memperlihatkan garansi seumur hidup alias lifetime warranty. Dengan adanya garansi , maka kalian bisa menukar kartu memorimu yang rusak atau bermasalah dan digantikan dengan yang baru. 


Beberapa Syarat Garansi MicroSD yang perlu anda tahu :

1)  Kerusakan atas pemakaian wajar buka disebabkan oleh human error
2)  Kemasan microsd masih mengagumkan & tidak rusak (cara membuka kemasan microSD yang benar yaitu potong adegan atas kemasan yang sudah ada garis petunjuknya)


8)  PERHATIKAN FITURNYA

Beberapa merk microSD memperlihatkan fitur yang mungkon tidak dimiliki merk lain menyerupai :
Sandisk yang menyediakan aplikasi SanDisk Memory Zone yang memperlihatkan fitur Easy File Management , Backup Protection , Fast Access. Transcend yang memiliki keunggulan Built-in Error Correcting Code (ECC) dan menyediakan RecoveRx photo recovery software , serta merk mcirosd lainnya juga memiliki fitur masing-masing.

Microsd Super Tangguh

Tahukah anda bahwa ada beberapa merk microSD yang tahan air , tahan magnet , tahan x-ray , tahan banting. Merk microSD super tangguh tersebut antaralain Sandisk Extreme Pro dan Samsung MB-MS8GA.


Water proof , Shock proof , Magnet proof , & X-Ray proof !

***
Demikan isu mengenai tips memilih microSD yang berkualitas. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat memberi hidayah bagi kalian semua yang hendak membeli microSD ataupun yang ingin mengetahui isu lebih lanjut wacana microSD yang berkualitas baik. Terimakasih
Cara memilih microsd yang baik
Tips memilih microsd yang bagus

Artikel Terkait

Previous
Next Post »